Workshop pertama yang diselenggarakan pada Jum’at 04 Agustus 2023 dengan fasilitator Dr. Sitti Maesuri Patahuddin memperkenalkan tentang OpenAI ChatGPT dan cara memenfaatkannya. Dalam webinar tersebut diulas cara pembuatan akun, cara meminta informasi secara jelas dan akurat pada ChatGPT.
Workshop yang dimoderatori oleh Siti Rokhmah, M.Pd., M.Sc. ini juga berlangsung secara interaktif. Setelah sesi penjelasan terkait teknologi baru ini, para peserta workshop praktik secara langsung menggunakan ChatGPT.
Dr. Sitti Maesuri Patahuddin menyampaikan ChatGPT akan memberikan jawaban yang berkualitas jika pengguna menggunakan bahasa yang tepat. Fakta menarik lainnya yakni, setiap pengguna akan memperoleh jawaban yang berbeda pada ChatGPT meski menggunakan kalimat yang sama.
Profesor di University of Canberra Australia ini juga menyampaikan bahwa pengguna harus menggunakan strategi untuk memperoleh jawaban yang akurat. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa OpenAI ChatGPT.
“Tipsnya, pengguna bisa menuliskan pertanyaan dalam kolom text dan meminta chatGPT menerjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Kemudian, mintalah kembali menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Dari sini kamu bisa menggunakannya untuk menggali informasi” kata Sitti yang juga menjabat sebagai CEO Perdiksi.